Jumat, 01 Juni 2018

“ GORONTALO HARTA KARUN INDONESIA”

GORONTALO HARTA KARUN INDONESIA


Sebagian besar Gorontalo terdiri dari daerah pegunungan yang membentang dari utara ke selatan. Tentang panoramanya tidak usah diragukan lagi, karena Gorontalo adalah salah satu harta karun Indonesia yang memiliki keindahahan yang sangat menakjubkan.Salah satunya harta karun yang ada di Gorontalo yaitu Flora dan Fauna. Di Gorontalo kita dapat menjumpai flora dan fauna unik yang terdapat di gunung-gunung dan hutan, seperti Anoa, Tarsius, Burung Maleo dan Babi Rusa, dan spesies langka lainnya. Pembaca juga dapat menemukan harta karun di hutan Gorontalo, karena hutannya memiliki seribu keindahan, dipenuhi pohon ebony, lingua, nantu, meranti, dan rotan. Teluk Tomini di bagian selatan laut Gorontalo adalah surga bagi para penyelam karena dilintasi oleh garis khatulistiwa dan secara alami ditinggali oleh beragam jenis hewan laut yang langka. Jika kita membahas semua keindahan yang ada di Gorontalo maka tidak ada habisnya.             Contohnya saja salah satu kebudayaan yang ada di Gorontalo yang masih ada sampai sekarang yaitu tradisi Tombilatohe atau malam pasang lampu.Tradisi malam pasang lampu ini membuat semua jalan di Gorontalo menjadi terang. Banyak wisatawan yang ingin melihat acara ini, dan bukan hanya wisatawan lokal, tetapi juga wisatawan interlokal.
Sama halnya dengan daerah-daerah lainnya. Kurangnya pemerataan pendidikan menjadi salah satu faktor pendidikan diindonesia yang belum mencapai tujuan pendidikan nasional. Amar Olii salah satu anggota kontingen IAIN SULTAN AMAI Gorontalo mengatakan bahwa, “Pendidikan di Gorontalo bagian perkotaan sendiri sudah bagus, tetapi di desa-desanya masih kurang akan fasilitas sekolah, sehingga perlunya peningkatan baik dari segi sarana maupun prasarana”. Pemerintah Kabupaten Gorontalo juga terus berusaha membangun kualitas pendidikan yang baik, dan memberikan perhatian penuh pada pembangunan bidang pendidikan, terbukti sekarang Gorontalo sudah masuk 10 besar untuk pendidikan terbaik di Indonesia
Gorontalo juga mempunyai beberapa sekolah favorit atau sekolah unggulan, yaitu SMAN 1 Gorontalo, MAN  MODEL,  MAN Insan Cendikia, dan masih ada lagi.  MAN Insan Cendikia  merupakan sekolah unggulan di Gorontalo dan juga merupakan sekolah yang diprogramkan oleh BJ Habibie dan sekolah tersebut gratis. Tetapi jika siswanya nilainya turun, atau tidak naik kelas maka siswa tersebut dikeluarkan dari sekolah tersebut. MAN Insan Cendikia sudah terkenal dikalangan masyarakat gorontalo, masyarakat luar daerah, hingga seluruh indonesia. Lain halnya dengan universitas islam di Gorontalo, disana hanya mempunyai satu universitas islam  saja yaitu IAIN Sultan Amai Gorontalo.
 IAIN Sultan Amai inilah yang menjadi universitas islam satu-satunya di Gorontalo, yang mana masih dalam proses untuk menuju menjadi UIN, selebihnya terdapat universitas umum. IAIN Sultan Amai sudah dapat dikatakan bagus,dari segi sarana dan prasarana yang sudah mendukung dalam proses pembelajaran. IAIN Sultan Amai Gorontalo memiliki beberapa fakultas, yaitu tarbiyah, pekon, syariah, dan ushuludin.

0 komentar:

Posting Komentar