Jumat, 08 Juni 2018

THREE IDIOTS I


    A.    Cover Film

    B.     Data / Identitas Film :          
Judul Film                   : Three Idiots
Sutradara                     : Rajkumar Hirani
Penulis Naskah            : Rajkumar Hirani
                                      Abhijat Joshi
Produser                      : Vidhu Vinod Chopra
Pemeran                      :
·         Aamir Khan Ranchoddas Shamaldas Chanchad (Rancho)/ Punsukh ‘Chotte’ Wangdu
·         R. Madhavan sebagai Farhan Qureshi
·         Sharman Joshi sebagai Raju Rastogi
·         Kareena Kapoor sebagai Pia Sahastrabuddhe
·         Booman Irani sebagai Viru Sahastrabuddhe (VruS)
·         Mona Singh sebagai Mona Sahastrabuddhe
·         Omi Vaidya sebagai Chatur ‘Peredam’ Ramalingam
·         Kajol Item Number
Musik                          : Shantau Moitra
Penyunting                  : Cesa David Luckmansyah
Distributor                   : Vinod Chopra Productions
Tanggal Rilis               : 25 Desember 2009
Durasi                          : 176 menit
Negara                         : India
Bahasa                         : Hindi

     C.    Sinopsis
Three Idiots “
3 idiots bercerita tentang 3 orang pemuda yang kuliah di Imperial College off engineering. Merupakan salah satu perguruan tinggi teknik terbaik di India. Farhan, Raju, dan Rancho berada dalam satu kamar di perguruan tinggi ICE, dan menjadi teman yang baik. Rancho berasal adri keluarga kaya, Farhan berasal dari keluarga yang sederhana, sedangkan Raju berasal dari keluarga yang miskin. Farhan belajar di ICE agar menjadi Insinyur yang dapat mengangkat derajat keluarganya. Farhan belajar di ICE jurusan teknik karena keinginan orang tuanya, padahal keinginan dan bakat Farhan adalah menjadi fotographer. Rancho belajar di ICE jurusan teknik hanya untuk bersenang-senang dan mendapatkan ilmu saja.
Rancho memiliki pandangan yang berbeda mengenai ilmu pengetahuan dan mesin. Ini mengakibatkan rancho  sering di keluarkan dari ruangan kelas. Si jenius Rancho berfikir belajar tidak hanya mempelajari apa yang di buku dan menghapalnya, akan tetapi belajar adalah untuk mengembangkan apa yang kita punya. Sedangkan Raju yang mendapat peringkat terakhir, karena dia selalu berada dalam ketakutan.

Dengan perbedaan pendapat yang dimiliki Rancho, mengakibatkan perseteruannya denga Viru Sahastrabuddhe alias ViruS. Diawali dengan gantung dirinya mr. Joy Lobo disebabkan karena sistem pengajaran yan menitik beratkan pada nilai dan hapalan tanpa memperhatikan kreativitas mahasiswanya.

Akibat pertemanannya dengan Rancho, Farhan dan Raju mendapat surat yang mengakibatkan mereka harus pulang menemui orang tuanya hanya untuk dimarah.ViruS mempengaruhi Raju dan Farhan agar pindah kamar dan tidak berteman dengan Rancho yang selalu membuat masalah. Dengan cara ini ViruS hampir dapat mempengaruhi Raju Rastogi, akan tetapi Farhan dan Rancho berusaha agar pertemanan mereka tidak hancur.
Frahan dan Rancho berusaha menyadarkan Raju bahwa belajar tidak hanya berkutat pada menghapal saja namun kita juga perlu memahaminya dengan cara mempermalukan Silencer atau Chatur di pidatonya di hari guru. Akan tetapi karen ulahnya ini, chatur marah dan membuat perjanjian bahwa 10 tahun yang akan datang ia akan membuktikan bahwa ia akan sukses dengan caranya sendiri.
 Akhirnya Raju memahami Rancho walaupun sebelumnya Raju kesal dengan Rancho hanya karena Rancho membawa ayahnya kerumah sakit menggunakan scooter. akan tetapi karena usaha raju telah menyelamatkan nyawa ayahnya, Raju pun berterima kasih sembari menangis diahadapan Raju.
Esok harinya three idiots menghadapi ujian dengan keterlambatan waktu, akan tetapi hasil yang dirai oleh rancho adalah peringkat pertama, Raju dan Farhan berada di peringkat terakhir. Ketika berfoto bersama, urutan peringkat pertama duduk di sebelah kanan ViruS da,pai pada peringkat akhir.

ViruS meremehkan Raju dan Farhan, ViruS tidak mempercayai bahwa Raju dan Farhan akan mendapat pekerjaan, sampai pada akhirnya Virus berkata kepada assistennya jika salah satu diantara mereka mendapat pekerjaan dari hasil wawancara sekolah maka ia akan dicukur sampai habis.
Pada suatu kesempatan ViruS memberikan informasi bahwa  2 bulan lagi akan diadakan wawancara untuk bekeraja. Raju bertanya bagaimana : pak bagaimana jika seseorang memperoleh pekerjaan, namun dia gagal dalam satu mata kuliah, apakah dia akan mendapat pekerjaan itu juga?”. Jawaban dari ViruS bahkan membuat Farhan dan Raju menjadi semakin down.
Pada suatu malam Rancho, Farhan dan Raju berdiskusi sambil minum. Rancho berkata kalian terlalu takut untuk belajar”. Raju mensehati Farhan dan Raju. Bahwa menjadi mahasiswa jurusan teknik bukan hanya karena paksaan orang tua ataupun belajar dalam bayangan ketakutan dari keluarga yang miskin.
Farhan dan Raju  menyanggupi saran yang diberikan Rancho yaitu Farhan mengatakan kepada orang tuanya bahwa ia akan menjadi seorang Fotographer dan tidak ingin menjadi insinyur, Raju akan menghilangkan ketakutan bayang-bayang kemiskinan yang di hadapi dan menghilangkan semua jimat yang ada padanya. Asalkan Rancho berani menyatakan perasaannya dengan pia anak dari ViruS.
Akhirnya Rancho menyanggupi permintaan teman-temannya, dan malam itu mereka menuju rumah ViruS. Dan Rancho menyatakan perasaannya dengan pia. Akan tetapi yang terjadi diluar, Raju dan Farhan mengencingi pintu rumah ViruS, naasnya lagi ketika mereka hendak kabur ViruS melihat waja Raju. Three idiots kabur kedalam ruang kelas dan semalaman tidur di didalamnya.
Ketika bangun, mereka mendapati bahwa kelas yang mereka jadikan tempat persembunyian adalah kelas yang sedang mabuk. Raju bangun dengan keadaan mabuk, ketika itu ia dipanggil ke dalam ruangan ViruS. Raju diberikan sanksi ia akan dikeluarkan dari perguruan tinggi ICE, namun ia memohon agar ia tetap berada di perguruan tinggi tersebut dengan alasan ayahnya terbaring sakit dan masih hidup hanya karen ingin menyaksikan Raju menjadi insinyur.
Mendengar alasan dari Raju, ViruS membuat dua pilihan yang harus dipilih oleh Raju yaitu menulis namanya untuk dikeluarkan dari ICE atau Ranco yang akan dikeluarkan. Ini menjadi pilihan yang sulit bagi Raju, hingga akhirnya ia mengakhiri hidupnya dengan melompat dari gedung lantai 3 yaitu ruang kerja ViruS.
Raju mengalami lumpuh namun pikirannya tetap bekerja, Rancho dan Farhan diminta untuk menyadarkan Raju dengan selalu mengajaknya bicara. Segala upaya yang dilakukan oleh Rancho dan Farhan membuahkan hasil akhirnya Raju sadar. setelah sadar dan keluar dari rumah sakit, Raju langsung menuju tempat wawancara. Farhan berusaha meyakinkan orang tuanya bahwa ia ingin menjadi fotografer dan itulah keahlian yang ia miliki.
Ketika wawancara berlangsung, Raju ditanya perihal mengapa ia bisa menjadi duduk di kursi roda. Ia menjawab bahwa ia telah melompat dari gedung kantai 3 karena ia akan dikeluarkan dari Universitas dengn masalah mengencingi pintu rumah pakn direktur (ViruS). Ketika ditanya mengapa nilainya selalu jelek, ia mengatakan semua itu adalah hasil dari ketakutan. Dahuku ia adalah anak yang briliant, ia masuk di perguruan tinggi ICE menjadikan ornag tuanya berharap banyak kepada Raju agar menjadi Insinyur. Hal ini semakin menambah banyak ketakutan Raju, hingga akhirnya 16 tulang patah dan 2 bulan lumpuh menjadikannya ia sadar. dengan semua cerita yang Raju berikan, akhirnya wawancara itu menghasilkan bahwa ia mendapat pekerjaan.
Farhan telah berusaha sebisa mungkin meyakini ayahnya bahwa ia ingin menjadi fotografer, walaupun gaji seorang fotografer itu kecil akan tetapi itu telah membuatnya bahagia. Akhirnya ayah Farhan memberikan izin kepada Farhan untuk menjadi Fotografer.
Raju dan Farhan menemui Rancho dan memberikan penghormatan, karena berkat dukungan dari Rancho, Raju dan Farhan telah mendapat pekerjaan dan mendpaat restu orang tua. Ketika mengetahui bahwa Raju telah mendapatkan pekerjaan, maka pelayan ViruS mencukur habis kumisnya sesuai dengan perjanian dahulu.
ViruS tidak dapat menerima kekalahan yang ia alami dan ingin membuat Raju Rastogi menjadi tidak lulus agar tidak mendapatkan pekerjaan yang telah ia terima setelah wawancara. Pia yang mengetahui hal ini menyapaikan kepada Rancho dan memberikan kunci ruangan kerja ViruS agar Rancho dapat membantu Raju. Rancho dan Farhan berusaha agar menemukan soal itu.ketika Rancho dan Farhan memberikan soal itu kepada Raju, Raju menolaknya dengan alasan ia akan mengerjakan dengan usahanya sendiri, jika ia gagal maka itu adalah takdirnya.
Akhirnya ViruS datang dengan amarahnya karena telah mencuri soal yang akan diberikan pada Raju. Rancho di pukuli oleh ViruS karena telah mencuri soalnya, dan three idiots di usir, jika tidak maka persoalan itu akan di laporkan polisi. Kemudian Virus marah dengan pia, diduga pia telah memberikan kunci pada Rancho. Pia kembali marah dengan ayahnya, pia mengatakan bahwa kakaknya meninggal bukan karena kecelakaan akan tetapi ia meninggal karena depresi tidak dapat menuruti apa yang di inginkan ayahnya, lalu pia pergi meninggalkan ayah dan mona.
Malam itu hujan turun dengan lebatnya, kemacetan dimana-mana dan jalanan tergenang oleh air. Malam itu juga Rancho, Raju dan Farhan akan pergi dari asrama itu, namun mereka menemukan mona yang sedang ongon melahirkan. Dengan instruksi yang diberikan oleh pia, Three idiots berhasil membantu persalinan dan membuat sebuah alat inovasi yang digunaka untuk membantu bayi keluar daru rahim.
Pada akhirnya setelah Rancho membantu persalinan mona ia pergi, dan kemudian di panggil oleh ViruS kemudian Ranchi diberikan pena milik ViruS yang juga diberikan oleh Gurunya. Virus berkata bahwa “Guruku berpesan ‘saat kau menemukan siswa yang luar biasa.. maka berikanlah pena ini padanya’”. Lalu ViruS memasangkan pena istimewa itu di baju Rancho dan berpesan “teruslah belajar dan luluslah segera”.
Pada akhirnya pada saat perpisahan Ranchodas Shalmadas Chancad dinyatakan sebagai mahasiswa terbaik. Pada hari itu juga Raju dan Farhan bertemu untuk terakhir kalinya dengan Rancho. Dan pada akhirnya three idiots bertemu kembali dengan Rancho di Skitsall school. Ranchodas Shalmadas Chancad alias Pungsukh Wangdu telah menjadi ilmuan yang memiliki 400 hak paten dan mempunyai sekolah
    D.    Kelebihan dan Kekurangan
v  Kelebihan
·         Film ini mengajarkan pendidikan yang benar
·         Jadilah diri sendiri
·         Untuk menjadi pintar bukan dengan menghafal buku akan tetapi gunakan kreativitas yang di miliki
·         Jangan selau memikirkan ketakutan dalam mengejar impian
·         Belajar bisa dimana saja
·         Selalu jujur dalam semua keadaan
v  Kekurangan
·         Pakaian laki-laki terlalu terbuka seharusnya di sensor.
·         Adegan ciuman seharusnya di sensor
    E.     Penilaian
Film ini sangat disarankan bagi calon pendidik, karena banyak sekali pelajaran positif yang dapat di ambil. Dimulai dari nilai-nilai persahabatan, sosial, keadila, dan rasa kekeluargaan. Dan dapat di ambil pelajaran, bahwa guru dapat memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan kemampuannya. Jangan mematikan kreatifitas peserta didiknya. Semoga setelah menonton film ini dapat menambah motivasi belajar bagi peserta didik dan dapat menambah referensi guru tentang bagaimana cara mengajar dan menghadapi peserta didik.

Resensi oleh
Nama               : Resty Septaviani
Nim                 : 11515200110
Jurusan            : Pendidikan Matematika
Prodi               : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Universitas      : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Qasim Riau

2 komentar:

  1. Resensinya bagus, dimana kita dapat motivasi dalan film ini khususnya peserta didik. Namun, terdapat kalimat yang kurang jelas, yaitu kata "belajar bisa dimana saja" seharusnya penulis menjelaskan maksud dari kata tersebut.

    BalasHapus
  2. Terimakasih Delvi atas masukannya, kedepannya akan diperbaiki tulisan-tulisan selanjutnya. Semoga kita sama-sama mendapat motivasi yg baik dari film ini

    BalasHapus