Jumat, 08 Juni 2018

THREE IDIOT II


3 IDIOT






     A.    Identitas Film
1.      Judul              :  3 Idiots
2.      Sutradara        :  Rajkumar Hirani
3.      Skenario         :  Rajkumar Hirani,  Vidhu Vinod Chopra, Abhijat Joshi
4.      Genre             :  Comedy / Drama / Romance / Edukasi
5.      Produksi          : Vidhu Vinod Chopra Production
6.      Dirilis               : 25 Desember 2009
7.      Musik              Shantanu Moitra, Atul Raninga, Sanjay Wandrekar
8.      Durasi              :  ± 2 jam 43 menit
9.      Pemain             :
a.       Aamir Khan sebagai Ranchoddas Shamaldas Chanchad (Rancho) alias Phunsukh Wangdu
b.      R.Madhavan sebagai Farhan Qureshi
c.       Sharman Joshi sebagai Raju Rastogi
d.      Kareena Kapoor sebagai Pia Sahastrebuddhe
e.       Boman Irani sebagai Viru Sahastrabuddhe (ViruS)
f.       Omi sebagai Chatur Ramlingam
g.      Mona Singh sebagai Mona Sahastrebuddhe (kakak perempuan Pia)

    B.     PEMBUKAAN
Film 3 idiot Film merupakan film yang telah menduduki peringkat teratas dalam  penjualan terlaris sepanjang sejarah perfilman di Bollywood. Film 3 Idiot, bukan bercerita tentang anak autis melainkan kisah tiga mahasiswa yang terbaring didalam kamar yang sama membuat mereka menjadi akrab. Maka sejumlah ulah pun dilakukannya, kisah yang lucu, sedih serta mendidik yang memberikan inspirasi kepada kita, dimana mengandung banyak sekali nilai kehidupan yang dapat dijadikan teladan, yang sering kita abaikan. Film ini sangat memotivasi penulis dalam berbagai kehidupan seorang mahasiswa dunia pendidikan dimana prinsip dari pendidikan itu sendiri haruslah memahami dan mempraktikkan, dan bukan sekedar menghafal, perebutan nilai dan peringkat.

    C.    ISI
3 Idiot mengisahkan tentang Film 3 Idiots bercerita tentang 3 orang sahabat bernama Rancho, Farhan dan Raju yang sama-sama kuliah di Imperial College of Engineering (ICE). ICE merupakan salah satu Perguruan Tinggi Teknik  terbaik di India. Pada awalnya mereka tidak saling mengenal satu sama lain, dengan memiliki latar belakang keluarga yang berbeda. Awal Farhan dan Raju mengenal Rancho adalah saat tradisi hari pertama masuk kampus yaitu anak baru harus hormat kepada senior akan tetapi tidak dengan Ranchos yang melakukan hal yang membuat senior marah padanya, dan ternyata Ranchos merupakan teman sekamar Farhan dan Raju, dari sinilah awal mereka berteman. Ranchoddas Shamaldas Chanchad adalah seorang mahasiswa yang sangat jenius, dia memiliki pandangan yang berbeda, dia selalu menantang dunia dalam setiap langkahnya. Pada saat memulai suatu matakuliah Ranchos ditunjuk menjelaskan pengertian suatu materi, ia menjelaskannya dengan kalimat sederhana yang membuat kita mengerti apa itu maksudnya, tetapi dengan penjelasannya tersebut seorang dosen merasa di permalukan lalu mengusirnya dan memanggilnya dengan sebutan Idiot. Tetapi setelah Ranchos menjelaskan pengertian materi tersebut menurut buku, barulah dosen itu terdiam. Dari sinilah, Ranchos mengubah pandangan kita tentang sistem dalam belajar belajar tidak hanya terpaku oleh buku saja, tetapi pahami maknanya. Ranchos lebih sering diusir didalam kelas karena sering memprotes sistem belajar dikampusnya dengan kata-katanya yang polos dan jujur. Saat diusir, dia akan pergi ke kelas lain, dia mengatakan belajar bisa dimana saja selagi bisa diraih. Mantra yang sering dikatakannya adalah  “katakan pada hatimu All is well” ketika menghadapi suatu masalah, kata-kata inilah yang  membuat saya termotivasi, karena kebanyakan dari kita ketika menghadapi suatu masalah itu adalah suatu beban yang membuat kita panik karna hati kita mudah panik, maka dari itulah lakukan apapun masalah kita hadapi dengan penuh keberanian.
Ranchos lebih memilih ilmu yang didapat, dari pada harus mengejar nilai. Hal ini sangat berbeda dengn apa yang diterapkan oleh profesor Virus, atau yang lebih sering dipanggil “Virus”. Proffesor Virus selalu mengatakan, “Hidup adalah sebuah perlombaan, jika Anda tidak cukup cepat, maka Anda akan diinjak-injak.” Ia menginginkan semua mahasiswanya untuk mendapatkan nilai tinggi dengan apa yang ia ajarkan. Seperti yang terjadi pada mahasiswa yang bunuh diri akibat kegagalannya saat kuliah, bernama Joy Lobo. Virus menyatakan gagal saat ia sudah menyelesaikan tugasnya yang hanya terlambat beberapa hari dari waktu yang sudah ditentukan sebelumnya oleh Professor Virus. Denga kata-kata dari professor, Joy Lobo gantung diri di kamarnya. Kemudian Rancho menentang Virus dan memberikan sebuah data statistik mengenai banyaknya mahasiswa yang bunuh diri, di sebabkan oleh salahnya sistem pengajaran, yang hanya menitik beratkan dari nilai ujian bukan atas dasar kreatifitas diri mahasiswa yang terkait.
Rancho dimarahi oleh Virus karena mengkritiknya dan beranggapan bahwa Rancho sok pintar maka Virus mengajaknya ke sebuah kelas dimana perkuliahan sedang berlangsung. Disitu Virus mengatakan kepada semua mahasiswa yang ada di dalam ruang kelas bahwa si “idiot” ini (sambil menunjuk ke Rancho) mengatakan bahwa dia merasa bisa lebih pintar dari kita dan akan mengajarkan kepada kita bagaimana caranya rancang bangun. Setelah Virus mengatakan hal itu Rancho lalu membuka sebuah buku yang ada di hadapannya sambil menulis 2 buah kalimat di papan tulis yang bertuliskan Farhanitrate dan Perajulisation setelah menulis 2 buah kalimat tersebut Rancho memberikan waktu 30 menit kepada semua yang berada di dalam kelas untuk mencari tahu arti dari kata tersebut. Setelah Rancho memeberi aba-aba semua yang berada di dalam kelas sibuk mencari tahu apa arti dari kata tersebut. Setelah 30 menit berlalu Rancho bertanya apakah ada yang tau arti dari kata tersebut, namun mereka semua terdiam dalam waktu 30 menit mereka hanya sibuk memikirkan dan sibuk mencari tau apa arti dari kata tersebut namun tidak ada satupun yang mencari tau apa makna dari kata tersebut, lalu bagaimana kita mau membangun kalau hanya sibuk mencari arti tapi tidak sibuk mencari maknanya”. Lalu professor Virus mulai kesal dan akhirnya dia bertanya kepada Rancho apa maksud dari kata yang ada di papan tulis. Ternyata kata yang ada di papan tulis tersebut adalah gabungan 2 nama sahabat saya yaitu Farhan dan Raju, professor itu pun kesal. Dengan tingkah laku Ranchos inilah yang membuat Farhan dan Raju menjadi terkesan dan disinilah awal mereka menjadi sahabat.
Farhan dan Raju adalah mahasiswa biasa yang nilainya pun pas-pasan. Farhan berasal dari keluarga yang sederhana dan Raju adalah anak daei seorang mantan tukang pos yang lumpuh dan mempunyai kakak yang gagal menikah karena tidak bisa memberikan 800 ribu rupe untuk mas kawinnya, sehingga penghasilan keluarga Raju didapat dari pensiunan ibunya sebagai guru, sementara Rancho berasal dari keluarga kaya, sebenarnya Farhan bercita-cita sebagai seorang fotografer satwa liar, namun keinginan itu harus kandas karena memenuhi keinginan ayahnya untuk menjadi insinyur. Raju sebenarnya anak brilian, karena itu keluarganya sangat mengandalkan Raju agar dapat mengangkat derajat keluarganya.
Suatu hari Rancho dan kedua sahabatnya pergi ke acara pernikahan, mereka datang tidak di undang hanya ingin mendapatkan makanan gratis. Pia, agak anaeh dengan ke tiga orang itu dan manayakan kepada ayahnya Virus, siapa mereka. Setelah mendapati ketiganya adalah tamu tak diundang, professor Virus pun bertindak yang sangat menyebalkan kepada ke tiga sahabat tersebut. Maka dimulailah perseteruan antara Rancho dan proffesor. Professor Virus memberi label kapada Rancho dan ke dua kawan baiknya itu sebagai "Idiot". Ia juga mempengaruhi Farhan dan Raju untuk menjauhi Rancho.
Sebaliknya siswa kesayangan Professor Virus adalah Chatur Ramalingam atau "Silencer", yang melihat peringkat tertinggi berdasarkan nilai, berfokus pada buku tanpa memahaminya. Chatur Ramalingam dari Uganda, dia sering memamerkan kemahiran Bahasa Inggrisnya di depan teman-temannya. Dalam satu kesempatan, Chatur dipermalukan Rancho di depan Virus dan teman-teman sekampusnya. Akhirnya, Chatur menantang tak cuma Rancho tapi juga Farhan dan Raju bahwa 10 tahun ke depan, ia akan lebih sukses di banding mereka. Pada saat pengumuman hasil uijan Rancho menempati posisi pertama, namun baginya nilai sangatlah tidak penting, melainkan praktik dari apa yang dipelajari, sementara kedua temannya menempati posisi terakhir yang membuat mereka terancam untuk tidak lulus dalam wawancara pekerjaan dan saat itu professor dan Ranchos membuat taruhan jika kedua orang sahabat Ranchos memperoleh pekerjaan dari hasil wawancara kampus maka ia akan mencukur habis kumisnya. Karena ia professor menjamin kedua sahabatnya itu tidak akan mendapat pekerjaan dari hasil nilai ujian mereka, dengan kata kata makian professornya itu, Ranchos, Farhan dan Raju mabuk. Rancho jatuh cinta kepada mahasiswi Jurusan Medis, Pia (Kareena Kapoor) putri dari professor Virus. Ketegangan terjadi, saat mereka sedang mabuk berat. Ke tiganya masuk ke rumah professor Virus seperti maling. Rancho masuk ke kamar Pia untuk mengutarakan isi hatinya, setelah sebelumnya ditantang oleh sahabatnya Raju. Namun Rancho salah menggenggam tangan Pia yang ternyata tangan kakak Pia yang sedang hamil. Kakak Pia sangat senang mendapati anak dalam kandungannya menandang, karena kata-kata yang di ucapkan Rancho. Sementara keadaan makin genting karena professor Virus mendapati ada yang tidak beres di rumahnya. Akhirnya mereka kabur karena takut ketahuan, sementara Raju menyempatkan diri untuk buang air kecil di pekarangan professor Virus, dan professor pun melihat siapa yang menyusup ke rumahnya.
Oleh sebab itu professor Virus sangat marah dan memanggil Raju ke ruangannya, dia diminta untuk menulis surat pengeluaran dirinya, Raju memohon dan menangis untuk tidak dikeluarkkan. Dan professor Virus pun memberi pilihan Raju yang dikeluarkan atau sahabatnya Rancho. Ditekan pilihan yang sangat sulit, akhirnya Raju pun lompat dari dari Gedung saat professor Virus sedang sibuk  mencukur.
Setelah kejadian itu, membuat Farhan dan Raju mengingat pandangan Ranchor. Yaitu mengikuti apa yang di suarakan oleh hati. Farhan memutuskan untuk mengejar kecintaannya kepada fotografi. Menceritakan segalanya kepada ayahnya, apa yang ia impikan. Namun ayahnya menolak, kerena ia berpikiran dengan menjadi fotografer ia tidak bisa membeli rumah mewah dan melengkapi segala kebutuhannya. Namun Farhan bersi keras dan memberikan pengertian kepada ayahnya, yang terpenting kebahagianan dirinya. Ayahnya tetap menolak dan mengatakan, jika tidak maka kau akan bunuh diri seperti temannya itu Raju. Sambil menagis farhan menjawab, tidak, ia tidak akan bunuh diri seperti Raju. Kemudian ia bersimpah di depan ayahnya membuka dompetnya. Ada Foto ayah dan ibunya. Farhan berkata, Raju dan Rancho menasehati, jika ia bunuh diri apa yang terjadi pada senyum orang tua mu yang ada di foto ini. ayahnya pun tersadar dan merestui cita-cita anaknya tersebut, sambil memeluknya.
Dan Raju menghadiri wawancara untuk sebuah pekerjaan di perusahaan. Ia hadir dengan tubuh yang belum pulih dan kursi roda. Raju dalan wawancara tersebut menjawab pertanyaan yang di ajukan dengan jawaban yang jujur dan apa adanya. Walaupun sebenarnya tidak cocok ia bekerja di situ, jawaban tersebut sangat tidak di harapkan oleh perusahaan. Namun karena apa adanya itu justru ia di terima bekerja, kerena ia jujur.
Karena para sahabat Rancho diterima dalam sebuah pekerjaanya, lalu tukang cukur professor tersebut mencukur habis kumisnya, karena kesepakatan yang telah ia buat dengan Rancho. Namun professor tersebut kesal, ia mencari cari dengan membuat soal ujian yang telah di atur sendiri agar Raju tidak dapat lulus ujian. Pia mendengar ide gila ayahnya dan menentangnya. Timbullah pertentangan antara ke duanya. Professor Virus mencela Pia dengan cara yang sama pada Rancho. Dan Pia pun marah dan mengatakan sebuah kebenaran kepada Virus, bahwa kakaknya tidak tewas dalam kecelakan akan tetapi ia bunuh diri di depan kereta dan meninggalkan surat kepada Virus, yang selama ini di sembunyikan Pia. Isi surat tersebut adalah sebuah pernyataan Virus telah memaksanya mengejar karir di bidang tehnik. Padahal ia inigin sekai mengejar impiannya di bidang sastra. 
Virus mengusir mereka bertiga, dan bertepatan pada malam itu kakaknya Pia ingin melahirkan. Karena banjir dan tidak memungkinkan untuk dibawa kerumah sakit, Rancho serta kedua temannya bergegas membantu persalinannya disebuah ruang. Mereka bertiga mendapat instruksi dari Pia yang berada di Rumah sakit yang sebelumnya pergi dari rumah karen pertengkaran tadi. dan Rancho selain dibantu oleh kedua sahabatnya, dia dibantu pula oleh mahasiswa lainnya. Saat sudah berhasil Virus pun hanya bisa terdiam dan menggendong cucunya. Setelah itu rancho pun pergi,dan professor Virus pun mengejarnya dan memberikan sebuah pulpen yang menndakan bahwa professor Virus telah menemukan penerusnya, seorang mahasiswa yang sangat jenius.
Dalam mengkritik sistem yang ada berlaku di tempat kuliahnya, ketiga sahabat itu mengalami berbagai macam hal kejadian yang mereka lami dan mereka lakukan, hingga akhirnya mereka lulus kuliah dengan Rancho sebagai mahasiswa terbaik di kampus tersebut. Farhan akhirnya menjadi seorang fotografer professional, dan meninggalkan dunia insinyur teknik. Sedangkan Raju mendapatkan pekerjaan yang terbaik di India. Namun, setelah mereka kuliah, Farhan, Raju dan Pia tidak pernah mendapat kabar mengenai Rancho.
Beberapa tahun kemudian, chatur mengumpulkan Farhan, Raju dan Rancho. Tetapi Rancho tidak datang karena tidak ada yang tahu dimanakah ia berada. Dan akhirnya Chatur, Farhan, dan Raju memutuskan untuk mencari Rancho karena Chatur belum tahu siapa yang lebih sukses darinya, Mereka mencari-cari Rancho dan ternyata menemukan rumah besar berpenghuni yang memang benar penghuni di rumah itu adalah yang bernama Rancho. Dan ternyata ia hanya menggunakan namanya untuk mendapatkan ijazahnya saja karena kejeniusan Rancho. Tetapi setelah dipaksa oleh Farhan dan Raju, yang bernama Chancad itu mengaku dan memberitahu keberadaan Rancho. Farhan dan Raju melanjutkan pencariannya hingga mereka bertemu dan bahagia telah bersama kembali. Ketika mereka tertawa bersama, Chatur datang dengan selembar kertas deklarasi kekalahan dan meminta Rancho menandatanganinya. Chaturpun tertawa terbahak-bahak dengan keadaan Rancho padahal ia tidak tahu siapa sebenarnya Rancho. Ternyata Rancho adalah Puchuk Wangdu, ilmuan yang telah janjian dengannya untuk mendiskusikan proyeknya.

  D.    KELEBIHAN
1.      Dalam film ini para pemain sangat menghayati perannya
2.      Film yang sangat menginspirasi dan banyak mengandung nilai kehidupan yang berharga
3.      Film yang mengajarkan sistem pendidikan yang benar
4.      Terdapat banyak pesan moral didalamnya, yaitu:
a.       Hidup itu adalah perlombaan jika kau tidak cepat makan seseorang akan meninggalkanmu dank au akan kalah.
b.      Ketika kita belajar, kita harus mengerti dengan apa yang kita pelajari, bukan Cuma menghafal.
c.       Jangan pernah belajar untuk menjadi kaya, tapi belajarlah untuk menjadi seorang ahli
d.      Menghafal memang menghemat 4 tahun masa kulia kita, tapi justru akan meghancurkan 40 tahun masa kerja kita nanti.
e.       Jangan mengejar kesuksesan tapi jadilah insinyur hebat dan kesuksesan akan mengejarmu.
f.       Kalahkan ketakutanmu dan kau akan mendapatkan masa depanmu.
g.      Ada dua cara menjadi juara,. Tingkatkan nilaimu atau utrunkan nilai orang.
h.      Jika terjadi masalah dalam hidupmu, maka letakkan tanganmu di dada lalu katakan “semua akan baik-baik saja”
i.         Ikutilah “gairahmu” maka kesuksesan akan meraihmu. Maksudnya adalah ikutilah kata hati dan kemampuanmu maka kesuksesan akan menghampirimu.
j.        Jadikan hobi sebagai pekerjaanmu, maka bekerjalah seperti bermain.
k.       Jangan hanya terpaku pada buku saja namun pahamilah isinya.
l.        Persahabatan yang sejati adalah sahabat yang benar-benar saling mengisi ketika senang ataupun sedih.
m.    Kejarlah keunggulan maka kesuksesan akan menantimu

     E.     KEKURANGAN
1.  Di film ini mangajarkan kecurangan-kecurangan yang dilakukan oleh pemeran. Sehingga butuh bimbingan bagi anak-anak yang ikut menonton film ini. Seperti: Mencuri soal ujian demi kelulusan temannya
2.      Salahsatu kutipan yang kurang baik didengar dan diperagakan adalah “jika anda tidak bisa menaikkan nilai anda, maka turunkanlah nilai orang”.
3.      Ada sebuah adegan mabuk pada film ini sangat tidak baik bagi penonton usia muda, namun dengan bimbingan orang tua hal ini dapat diatasi.
4.  Terdapat sebuah degan berciuman antara Rancho dan Phia juga tidak pantas dilihat oleh anak-anak, walau hanya sekali adegan itu tetap harus dihindari dari anak-anak.

    F.     PENUTUP
Setelah saya menonton film tersebut kita dapat pelajaran arti dari sebuah persahabatan. Bahwa persahabatan amat sangatlah penting, dan persahabatan tidak memandang kaya, miskin, pintar, tampan, ataupun jelek. Karena persahabatan tersebut hanya terlihat dari perjuangan seseorang untuk sahabatnya, seperti pada film ini. Dan di film ini juga dapat memberikan pelajaran bahwa tidak semua yang ingin masuk keperguruan tinggi adalah orang yang akan kaya materi, tetapi orang yang memiliki kepintaran pun bisa masuk ke perguruan tinggi. Dengan keinginannya yang sungguh-sungguh kita dapat mencapai cita-cita setinggi langit. Terus berusaha dalam mengejar kesempurnaan maka kesuksesan akan mengikuti. Belajarlah dari sisi yang berbeda, jangan lagi mengejar nilai semata agar dapat sukses dimasa depan, namun pahamilah ilmu yang dipelajari maka kesuksesan bukanlah sesuatu yang sulit untuk didapatkan. Film ini mengajarkan bahwa  ilmu jauh lebih berguna dari pada gelar diakhir atau awal namamu.

Resensi oleh :
Delvi Indriani
Pendidikan Matematika
Fakultas Tabiyah dan Keguruan
UIN SUSKA Riau





1 komentar:

  1. Cerita yang sangat menarik dan mendidik bagi saya calon seorang guru. Karena dalam mengajar nanti akan menemui siswa dengan karakter dan sistem belajar yg berbeda-beda.

    BalasHapus