Jumat, 08 Juni 2018

Teachers Diary II


Teacher’s Diary


Judul Film          : Teacher’s Diary  (Kid Teung Wittaya)
Director              1. Thodsapol
                                   2. Nithiwat Tharathorn
Sutradara            : Nithiwat Tharathorn
Produser             1. Jira Maligool
                                   2. Chenchonnanee Soonthonsaratul
                                   3. Suwimol Techasupinan
                                   4. Wanruedee pongsittasak
Penulis Naskah   1. Suparuek Ningsanon
                                   2. Nithiwat Tharathorn
                                   3. Sopana Chaoviwatkol
                             4. Thodsapol Thiptinkorn
Pemeran             :
Sukrit Wisetkaew              sebagai                        Song
Chermarn Boonyasak        sebagai                        Ann
Sukollawat Kanaros          sebagai                        Nuii
Chutima Theepanart          sebagai                        Gigi
Sinematografi     : Naurel Chokapanitak
Penyunting         Cesa David Luckmansyah
Distributor          : GTH
Tanggal Rilis      : 20 Maret 2014
Durasi                 01:45:16
Negara                Thailand
Bahasa                : Thai
Genre                 : Romance

            Teacher’s Diary adalah film yang menceritakan kisah seorang guru yang tidak memiliki pengalaman dalam mengajar. Tokoh utama film ini adalah seorang atlet gulat bernama guru Song yang sedang kebingungan mencari pekerjaan dan memutuskan bekerja sebagai seorang guru. Karena pada saat itu lowongan guru tidak ada dan guru Song memaksa agar dipekerjakan akhirnya kepala sekolah menugaskan ia ke cabang sekolah SD di tempat terpencil dengan bangunan serupa perahu, terapung-apung di danau yang diberi nama rumah kapal.. Sekolah yang disediakan khusus untuk anak-anak miskin yang hidup di daerah terpencil dengan rata-rata mata pencaharian orang tuanya sebagai nelayan.


Guru yang mengajar di rumah kapal tidak hanya guru Song, tapi tiga tahun yang lalu ada seorang wanita bernama guru Ann yang juga mengajar disana. Jumlah siswa yang di ajar oleh guru Ann ada 7 orang lebih banyak dari pada yang di ajar oleh guru Song. Awalnya guru Ann mengajar disana karena kepala sekolah tidak menyukainya. Guru Ann memiliki tiga tato bintang yang membuat kepala sekolah beranggapan bahwa guru Ann memberikan contoh yang tidak baik bagi murid-muridnya. Kemudian  dikirimlah dia ke cabang sekolah SD di tempat terpencil tersebut. Pada saat ini guru Song ke tempat tersebut menggantikan guru Ann yang sudah berhenti mengajar di sana. 


Guru Song menemukan sebuah buku harian yang ditulis oleh Ann tiga tahun yang lalu. Buku tersebut berisi segala pengalaman Ann selama mengajar di sekolah kapal, baik dalam hal pendidikannya, isi hatinya, hingga ke curhatan masalah-masalah percintaannya. Seiring waktu berjalan, guru Song mengikuti isi dari buku diary yang ditulis oleh guru Ann baik dalam mengajar dan mencintai anak didiknya, serta guru Song juga menuliskan aktivitasnya dalam buku diary yang sama. Hingga akhirnya, pada ujian akhir tahun salah satu muridnya gagal melewati ujian. Karena hal  tersebut, guru song mengundurkan diri dari rumah kapal, dan di saat yang sama guru Aan ingin kembali mengajar di sana. 

PENILAIAN
Awalnya cerita ini membuat bingung para penonton, karena alur ceritanya yang maju-mundur. Tapi setelah itu, saya menemukan keunikan tersendiri dengan ceritanya yang termotivasi oleh sebuah buku diary. Pada film ini menggambarkan bagaimana usaha dan keikhlasan seorang guru dalam memperjuangkan pendidikan bagi masyarakat terpencil. Tidak hanya menghibur, film bergenre drama-comedy ini mampu membangkitkan motivasi saling memperbaiki kualitas pendidikan dimanapun anak didik itu berada. Akan tetapi film ini juga memiliki kekurangan, dimana film ini lebih mengemukakan kisah percintaan dari pada pendidikannya. Dalam film ini juga banyak terdapat pengulangan masalah yang sama, sehingga membuat penonton merasa bosan.

-Selamat membaca-



Resensi oleh :
Wenny Astrianti
Pendidikan Matematika
Tarbiyah Dan Keguruan
UIN SUSKA Riau

0 komentar:

Posting Komentar