Minggu, 27 Mei 2018

KOTA WISATA YANG MANISE


KOTA WISATA YANG MANISE
Kota yang identik dengan sebutan "Ambon Manise" ini merupakan Ibukota provinsi Maluku. Kota Ambon merupakan pusat pariwisata dan pendidikan bagi wilayah kepulauan Maluku. Pesona Alamnya yang indah membuat orang-orang penasaran ingin mengunjunginya. Objek wisata hingga kuliner disana selalu membuat kita ingin kembali..
Ambon tak pernah kehilangan pesonanya. Keindahan Alamnya terhampar luas. Seperti Pantai Liang dan Nusa Pambo yang menawarkan panorama pantai yang luar biasa. Kemudian, adanya Pemandian Air Panas Negeri Tulehu yang berada di daerah perbukitan dengan suhu 57-70 derajat Celcius yang dapat menyembuhkan penyakit kulit dan rematik. Selain itu, juga terdapat Jembatan Merah putih yang menjadi kebanggaan kota Ambon. Dari berbagai macam tempat wisata yang ada di Ambon, Jembatan Merah Putih inilah yang diperlihatkan oleh kontingen IAIN Al-Mulk Ambon sebagai icon kota Ambon pada saat mengikuti PW-PTK di UIN SUSKA Riau.
Pada saat penulis mengunjungi acara Perkemahan Wirakarya Perguruan Tinggi Keagamaan (PW-PTK) ke-XIV di UIN SUSKA Riau khususnya pada tenda kontingen IAIN Al-Mulk Ambon. Salah satu anggota kontingen yang bernama Ali Waksim Samal mengatakan bahwa Jembatan Merah Putih yang merupakan kebanggan kota Ambon ini menghubungkan wilayah Utara dan wilayah Selatan kota Ambon yang terpisah oleh Teluk Ambon. Nama Jembatan ini sesuai dengan bendera kebangsaan Indonesia. Akan tetapi, ada makna lain dibalik penamaan jembatan ini. Ketika terjadinya konflik sectarian di Maluku pada tahun 1999 sampai 2002  golongan Kristen disebut sebagai golongan merah sementara golongan muslim disebut golongan putih. Jembatan  ini menjadi simbol perdamaian, persatuan serta lambang kebersmaan antar warga Maluku. Ali melanjutkan,  Jembatan  terpanjang yang ada di bagian Indonesia Timur ini diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo.
Selain wisata alam, Ali juga menjelaskan mengenai wisata kuliner yang ada di Ambon. Jika ditanya, makanan apa yang pertama kali dan wajib di coba pada saat berkunjung ke Maluku? jawabannya adalah papeda ikan kuah kuning. Makanan ini begitu khas, sehingga sering kali di hidangkan untuk menyambut tamu wisatawan yang berkunjung ke Ambon. Pepeda terbuat dari sagu yang di olah menyerupai bubur berwarna  putih, bertekstur menyerupai  lem dan rasa asli papeda  adalah hambar. Cara menyantap papeda sangat unik, yaitu dipilih dengan alat seperti sumpit  kayu kemudian dipindahkan ke piring yang di beri kuah kuning. Semerbak wangi rempahnya membuat para pengunjung tidak sabar ingin mencicipi. Kenapa tidak? Ambon yang kaya akan sumber daya alam dan menduduki posisi kedua sebagai penghasil rempah terbesar di dunia sudah pasti hidangannya sangat di nanti-nanti para pencinta kuliner. Selain hidangan ini, Ambon masih banyak memiliki kuliner khas lainnya, seperti sambal colo-colo, ikan komunikasi asar, nasi kelapa dan lainnya.
Tidak hanya pesona alam dan kuliner, Ali juga bercerita mengenai pendidikan yang ada di Ambon. Seperti yang kita ketahui, kota Ambon juga merupakan salah satu kota terdidik di Indonesia. Pendidikan di Ambon sudah dapat dikatakan memadai. Sebagai penunjang pendidikan, pemerintah telah membangun beberapa Perguruan Tinggi, seperti Universitas Pattimura, Politeknik Negeri Ambon, IAIN Ambon dan masih banyak yang lainnya. Ali juga mengatakan bahwa pemerintah telah menyediakan berbagai beasiswa seperti bidikmisi dan beasiswa untuk yang berprestasi.
 Ali sedikit bercerita mengenai IAIN Ambon. Sebelumnya kampus mereka bernama STAIN,  kemudian berganti menjadi IAIN  dan sekarang sedang  menuju UIN. Disana hanya terdapat 3 fakultas, yaitu fakultas tarbiyah, ushuludin dakwah dan syariah. Gedung-gedung IAIN Ambon sangat berbeda dengan yang ada di UIN SUSKA. Ketika memasuki UIN SUSKA Riau dengan logat bahasa yang khas, Ali berkata "Saya merasa kagum melihat gedung-gedung yang ada di UIN SUSKA Riau ini, gedungnya besar-besar dan berkubah-kubah seperti Masjid, dan saya bangga bisa berada di daerah Lancang Kuning ini”
Itulah beberapa informasi dari IAIN Ambon mengenai wisata alam, wisata kuliner maupun pendidikan disana. Dengan diadakannya PWPTK ini dapat menjalin silaturahmi antar provinsi maupun kota yang ada di Indonesia. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita untuk lebih mengenal daerah satu sama lain di Negara Merah Putih ini. Terima kasih.

 Mahasiswa Pendidikan Matematika di Ambon:







0 komentar:

Posting Komentar